Sabtu, 30 Mei 2009

Pertengahan Desember, Bus Sekolah Operasi Lagi

JAKARTA, SELASA — Bus sekolah yang dinantikan pelajar selama setahun terakhir ini akan kembali beroperasi. Dinas Perhubungan DKI Jakarta memastikan, pertengahan Desember tahun ini sebanyak 37 bus sekolah akan melayani anak sekolah lagi. Kepastian itu mencuat setelah PT Bianglala Metropolitan memenangkan pelelangan pada dua pekan lalu.

"Satu atau dua hari ini kami akan melakukan kontrak kerja sama pengoperasian bus ini dengan pengusaha otobus ini," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Muhammad Tauchid, Senin (9/12).

Sebelum dioperasikan, kata Tauchid, pengusaha bertanggung jawab penuh untuk memperbaiki bus-bus yang rusak akibat tidak dipergunakan dalam setahun.

Sesuai kontrak kerja sama, kata Tauchid, bus sekolah akan beroperasi mulai Desember 2008 sampai Juni 2009.

Seperti diberitakan, armada bus sekolah melayani trayek utara Lapangan Banteng-Kemayoran, Tanjung Priok-PIK Penggilingan, Taman Mini-Kampung Melayu, dan Pasar Minggu-Blok M ditambah trayek penghubung Cawang-Grogol dan Cawang-Plumpang. Bus yang pernah beroperasi pada Juli hingga Desember 2007 dengan operator PT Sinar Jaya tersebut terparkir di Pool Bus Transjakarta (eks Pool Bus PPD) di Kramatjati, Jakarta Timur (Kompas, 13/10).

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI menetapkan tarif tempuh per kilometer (km) pada tahun 2007 adalah Rp 4.100 per km. PT Sinar Jaya memenangkan tender dengan penawaran Rp 3.900 per km. Pada tahun 2008, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Tahun 2008 mengalokasikan dana untuk pengoperasian bus sekolah yakni Rp 4,71 miliar atau tarif tempuh Rp 4.700 per km. Namun, pengusaha menilai tarif itu terlalu rendah sehingga hampir tidak ada yang berminat mengikuti proses lelang pada tahap pertama, Juni-Juli lalu (Kompas,14/10).

Sumber: http://www.kompas.com/read/xml/2008/12/09/21083471/pertengahan.desember.bus.sekolah.operasi.lagi

Tidak ada komentar: