Sabtu, 30 Mei 2009

KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMIKIRAN PENDIDIKAN AL-GHAZALI

Anwar Moch., 2007, Relevansi Kurikulum Berbasis Kompetensi Dengan Pemikiran Pendidikan Menurut Imam Al-Ghazali, Skripsi Jurusan Tarbiyah, Program studi Pendidikan Agama Islam, STAIM Magetan, Pembimbing Bapak Drs. Widodo.
Kurikulum Berbasis Kompetensi adalah kurikulum yang menekankan pada pengembangan kompetensi peserta didik. Dalam hal ini guru harus mampu membuktikan keprofesionalannya dalam menghantarkan peserta didik mencapai keberhasilan. Guru harus menggunakan berbagai pendekatan dan metode yang bervariasi, untuk menerapkannya ternyata mengalami masalah-masalah yang harus di cari jalan keluarnya. Masalah yang timbul tidak hanya pada guru tetapi juga pada peserta didik. Dalam konsep Kurikulum Berbasis Kompetensi ini kemungkinan ada kerelevansiannya dengan konsep pemikiran pendidikan al-Ghazali.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kerelevansian antara konsep kurikulum berbasis kompetensi dengan konsep pemikiran pendidikan Al-Ghazali, untuk mengetahui dan memahami apakah konsep Kurikulum Berbasis Kompetensi yang di berlakukan oleh pemerintah sekarang ini memiliki konsep dasar yang sama dengan konsep pemikiran pendidikan Al-Ghazali dan untuk memberikan jalan keluar (kontribusi) dalam menyelesaikan masalah-masalah yang sedang dihadapi khususnya dalam implementasi konsep konsep Kurikulum Berbasis Kompetensi dalam proses pendidikan di era sekarang ini.
Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisa deduktif, metode diskriptif dan metode komparatif. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Kurikulum Berbasis Kompetensi dengan konsep pemikiran pendidikan Al-Ghazali dapat di temukan kerelevansiannya. Secara operasional kedua konsep tersebut dapat di aplikasikan dan dijadikan alternatif bahan acuan bagi lembaga pendidikan baik yang tercakup dalam lingkup Departemen Pendidikan Nasional atau Departemen Agama di masa sekarang in

Sumber: http://one.indoskripsi.com/skripsi/judul-skripsi-jurusan/tarbiyah?page=1

Tidak ada komentar: