Sabtu, 30 Mei 2009

Evaluasi Pembelajaran

Berhubungan dengan evaluasi kurikulum yang telah diposting beberapa waktu kemarin akan dilanjutkan pada evaluasi pendidikan dan evaluasi pembelajaran yang mana uriaanya adalah sebagai berikut:

Evaluasi adalah suatu proses atau kegiatan untuk menentukan nilai, kriteria-judgment atau tindakan.
• Penilaian untuk menentukan kualitas
• Pengukuran untuk menetukan kuantitas

Evaluasi memiliki beberapa prinsip dasar yaitu ;
• Evaluasi bertujuan membantu pemerintah dalam mencapai tujuan pembeljaran bagi masyrakat.
• Evaluasi adalah seni, tidak ada evaluasi yang sempurna, meski dilkukan dengan metode yang berbeda.
• Pelaku evaluasi atau evaluator tidak memberikan jawaban atas suatu pertanyaan tertentu. Evaluator tidak berwennag untuk memberikan rekomendasi terhadap keberlangsungan sebuah program. Evaluator hanya membantu memberikan alternatif.
• Penelitian evaluasi adalah tanggung jawab tim bukan perorangan.
• Evaluator tidak terikat pada satu sekolah demikian pula sebaliknya.
• evaluasi adalah proses, jika diperlukan revisi maka lakukanlah revisi.
• Evaluasi memerlukan data yang akurat dan cukup, hingga perlu pengalaman untuk pendalaman metode penggalian informasi.
• Evaluasi akan mntap apabila dilkukan dengan instrumen dan teknik yang aplicable.
• evaluator hendaknya mampu membedakan yang dimaksud dengan evaluasi formatif, evaluasi sumatif dan evaluasi program.
• Evaluasi memberikan gambaran deskriptif yang jelas mengenai hubungan sebab akibat, bukan terpaku pada angka soalan tes.
Evaluasi memiliki beberapa fungsi yaitu ;
• Fungsi normatif : berfungsi untut perbaikan sistem pembelajaran
• Fungsi diagnostik : untuk mengetahui faktor kesulitan siswa dalam prose pembelajaran
• Fungsi sumatif : berfungsi untuk mengetahui tingkat kemampuan peserta didik
• Fungsi penempatan

Adapun prinsip prinsip evaluasi
• Objektif : sesuai dengan kemampuan siswa
• Kontinuitas : berkesinabungan
• Komperhensif : berkaitan dengan sikap nilai
• Praktis : praktis digunakan penidik dan peserta didik
• Akuntabilitas : tanggung jawab

Karakteristik alat ukur
Validitas : ketepatan
Realibilitas : ketetapan
Praktis
Diskriminatif
Bentuk eveluasi

Bagan Teknik2 evaluasi

Sumber: http://apadefinisinya.blogspot.com/2008/11/evaluasi-pembelajaran.html

Tidak ada komentar: