Rabu, 27 Mei 2009

Cara Cerdas Mengatur Dana Pendidikan Anak

Oleh: Yuni Herlina Sinambela - Okezone
PERAN orangtua tidak hanya melahirkan dan membesarkan anak, namun juga bertanggung jawab atas biaya pendidikan sekolah anak mereka.

Orangtua manapun menginginkan anaknya mengecap pendidikan setinggi-tingginya. Namun, untuk meraihnya diperlukan biaya yang tidak sedikit. Apalagi, jika lembaga pendidikan yang Anda incar termasuk berkualitas dengan sistem pendidikan yang baik dan tergolong elit. Anda memerlukan biaya yang mampu menyokongnya hingga tamat.

Persiapkan diri Anda dan mulailah mengatur keuangan keluarga untuk anggaran pendidikan anak Anda.
She Knows akan membeberkan tip smart-nya untuk Anda, berikut ini:

Beasiswa pendidikan
Ajak dan doronglah anak untuk secara aktif mencari kesempatan mendapatkan beasiswa pendidikan. Akan lebih baik jika mereka bisa mengambil tawaran beasiswa dari tahun pertama kali mengenyam bangku pendidikan hingga tamat dari sekolah menengah umum. Dengan beasiswa tidak menunjukkan bahwa Anda tidak mampu secara finansial, melainkan akan memberi keuntungan dana keuangan keluarga karena Anda bisa lebih berhemat. Tidak hanya itu, beasiswa juga mengajarkan anak untuk lebih bertanggung jawab pada masa depannya sendiri.

Kontribusi anak
Anda dapat memberikan kesempatan kepada anak untuk aktif berkontribusi dalam mengatur sendiri uang yang telah Anda berikan untuknya. Contohnya, memberikan kepercayaan terhadap anak Anda untuk mengatur pembayaran uang sekolah dan uang buku pelajarannya.
Asuransi pendidikan
Anda dapat mendaftarkan nomor polis asuransi pendidikan anak di perusahaan asuransi yang terpercaya dan dijamin kredibilitasnya oleh negara. Ada baiknya Anda mendaftarkan anak hingga mencapai tingkat pendidikan kuliah. Anda dapat mulai mengangsurnya dengan sistem pembayaran premi bulanan. Selanjutnya, Anda tidak perlu gusar akan nasib pendidikan sekolah anak Anda di kemudian hari. (ftr)
(tty)

Sumber http://lifestyle.okezone.com/index.php/ReadStory/2009/02/04/196/189503/cara-cerdas-mengatur-dana-pendidikan-anak

Tidak ada komentar: