Sabtu, 30 Mei 2009

Jam Sekolah Lebih Pagi Disambut Baik, asal..

JAKARTA, SENIN — Warga Jakarta menanggapi positif kebijakan jam masuk sekolah pukul 06.30 yang akan diterapkan Pemprov DKI mulai 5 Januari 2009. Namun, kebijakan tersebut perlu dibarengi dengan sosialisasi, evaluasi, serta penyediaan infrastruktur bus sekolah yang memadai.

Sosialisasi diperlukan mengingat kebijakan ini akan diterapkan pada anak sekolah yang terbiasa masuk pukul 07.00. Sementara evaluasi harus dilakukan secara berkala agar tercipta keadaan yang lebih baik. Tanggapan masyarakat ini terungkap dalam survei Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis atau Puskaptis, Senin (29/12) siang di Balaikota.

Direktur Eksekutif Puskaptis Husin Yazid mengungkapkan, 58,33 persen responden menilai kebijakan tersebut perlu diterapkan. Sementara 23,48 persen menilai belum perlu. Sisanya 18,18 persen menolak berkomentar. "Masyarakat menanggapi positif, namun evaluasi perlu dilakukan agar kebijakan tersebut dapat berjalan dengan baik," ujar Husin.

Dalam survei juga terungkap beberapa responden menilai kebijakan jam masuk sekolah pukul 06.30 belum perlu diterapkan karena tetap menghasilkan kemacetan di jalan raya. Alasan lain responden menilai anak sekolah masih susah bangun lebih pagi.

Hal lain juga terungkap yakni sebesar 7,77 responden menilai penerapan jam masuk sekolah lebih awal belum perlu karena jumlah anak sekolah lebih sedikit dari jumlah pekerja.

Dari survei yang dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan jumlah responden 526 juga menilai kemacetan bukan dasar untuk memajukan jam masuk sekolah dan akan membuat repot orangtua siswa.

http://www.kompas.com/read/xml/2008/12/29/14153982/jam.sekolah.lebih.pagi.disambut.baik.asal...

Tidak ada komentar: