Rabu, 27 Mei 2009

Kabupaten biak sipakan guru baru

BIAK, KOMPAS - Untuk memenuhi kebutuhan guru baru di Kabupaten Biak Numfor, Papua yang berkualitas, pemerintah setempat memberikan beasiswa kuliah kepada calon guru. Mereka yang nantinya meraih gelar sarjana pendidikan itu memiliki ikatan dinas dengan pemerintah Kabupaten Biak Numfor untuk memenuhi kebutuhan pendidik di seluruh daerah ini.

"Sejak tahun 2004, pemerintah daerah memberikan beasiswa untuk calon guru kuliah S1 di Universitas Cendrawasih, Papua. Ada sekitar 100 orang yang disiapkan untuk memenuhi guru baru di Biak. Proporsinya 75 persen putra daerah dan sisanya pendatang," kata Yusuf Slamet, Kepala Seksi Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Biak Numor, Senin (20/4), di Biak.

Mereka yang dipersiapkan jadi guru itu dipilih melalui seleksi yang ketat. Calon guru tersebut harus memiliki nilai minimal 6. "Pengangkatan guru baru harus yang berkualitas supaya ada perbaikan mutu pendidikan di Biak," kata Yusuf.

Selain itu, calon guru yang kuliah di lembaga pendidikan dan tenaga kependidikan (LPTK) swasta di daerah ini dijanjikan untuk diangkat pemerintah setempat. "Untuk guru SD saja masih kurang. Idealnya satu SD ada 9 guru. Tetapi kebanyakan berkisar tiga sampai enam orang, bahkan ada yang satu orang," kata Yusuf.

Adapun untuk meningkatkan mutu guru yang sudah ada, pemerintah setempat juga memberi beasiswa pendidikan untuk meraih gelar S1. Tanpa mengabaikan tugas mengajar, guru-guru di daerah yang jauh dari kampus diberi kesempatan kuliah di Universitas Terbuka (UT) yang tutorialnya diadakan di SDN 1 Biak.

Laban Rumbrapuh, Kepala SD Bosnabraidi YPK, Distrik Yawosi, Biak Utara, menyambut baik kesempatan belajar yang diberikan kepada guru. Pasalnya, untuk kuliah lagi supaya dapat gelar S1 sebagai syarat untuk diikukan dalam sertifikasi, guru tidak boleh meninggalkan tugas.

"Belajar lagi di kampus memberi pengetahuan baru. Tidak mudah memang untuk bisa kuliah lagi, tetapi program ini baik dan berguna untuk guru di daerah," kata Laban yang sudah 27 tahun menjadi guru.

http://www.kompas.com/read/xml/2009/04/20/1943351/kabupaten.biak.siapkan.guru.baru

Tidak ada komentar: