Selasa, 17 Maret 2009

Evaluasi Proses Pembelajaran

Evaluasi pembelajaran atau lebih tepat evaluasi program pembelajaran adalah suatu bentuk evaluasi program dalam bidang pendidikan. Program pembelajaran adalah salah satu jenis program pendidikan. Program pendidikan, program pembelajaran dan evaluasi program pembelajaran mempunyai hubungan yang sangat erat. Bila program pembelajaran dianggap sebagai suatu bentuk sistem, program pembelajaran terdiri atas komponen masukan (peserta didik, instrumental, dan lingkungan alami serta sosial); komponen proses pembelajaran (proses pembelajaran), dan komponen hasil pembelajaran.

Bila program pembelajaran dianggap sebagai suatu bentuk komunikasi program pembelajaran terdiri atas komponen komunikator (guru), komunikan (peserta didik), pesan (materi), sistem penyampaian, dan konteks. Objek evaluasi program pembelajaran atau evaluasi pembelajaran terdiri atas evaluasi terhadap komponennya yaitu evaluasi masukan, evaluasi proses pembelajaran dan evaluasi hasil pembelajaran. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini:


EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN

Pembelajaran berarti proses interaksi antara peserta dengan guru dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Siklus pembelajaran terdiri atas tiga tahap, yaitu perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran dan evaluasi hasil pembelajaran atau evaluasi hasil belajar.
Evaluasi proses pembelajaran dilakukan untuk menentukan kualitas pembelajaran secara keseluruhan, mencakup tahap perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, dan penilaian hasil pembelajaran. Evaluasi proses pembelajaran diselenggarakan dengan cara:
(a) membandingkan proses pembelajaran yang dilaksanakan guru/dosen dengan standar proses
(b) mengidentifikasi kinerja guru/dosen dalam proses pembelajaran sesuai dengan kompetensi guru/dosen.
Evaluasi proses pembelajaran memusatkan pada keseluruhan kinerja guru/dosen dalam proses pembelajaran

Tidak ada komentar: